IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KRISTEN BERDASARKAN AMSAL 3 DI ANTARA MAHASISWA SEKOLAH TINGGI TEOLOGI DI SURABAYA

Suryaningsih Soepardi

Abstract


Abstract: Christian education is education based on the Word of God. The objectives of this study were: (1) To find out to what extent the tendency of the implementation of Christian education based on Proverbs 3 among the students of the Theology College in Surabaya. (2) To find out which dimension is dominant for the implementation of Christian Education based on Proverbs 3 among Students of Theological College in Surabaya. (2) Finding out which background is dominant in the implementation of Christian Education based on Proverbs 3 among Theological College Students in Surabaya. This study uses an explanatory-confirmatory approach. The research subjects were all students of the Theological College in Surabaya with a total of 60 students. The technique of taking the population uses "Disproposionate Stratified Random Sampling" which means, using a study of the entire population. Data collection using a Likert questionnaire. The calculation of the questionnaire used the SPSS 19 program. The results of the study were: (1) Hypothesis 1 Tendency of the Implementation of Christian Education based on Proverbs 3 among Students of Theological College in Surabaya in Low to Medium Positions. (2) Hypothesis Testing H2, it is assumed that the dominant dimension in determining the implementation of Christian education based on Proverbs 3 among students of the Theology College in Surabaya is the dimension of honest life. (3) Hypothesis Test 3 Background The dominant background category is the Background Status of Family Origin.

Abstrak: Pendidikan Kristen adalah pendidikan berdasarkan Firman Tuhan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui sejauh mana kecenderungan pelaksanaan pendidikan Kristen berbasis Amsal 3 pada mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi di Surabaya. (2) Untuk mengetahui dimensi mana yang dominan dalam penyelenggaraan Pendidikan Kristen Berbasis Amsal 3 pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi di Surabaya. (2) Mengetahui latar belakang mana yang dominan dalam penyelenggaraan Pendidikan Kristen berdasarkan Amsal 3 pada Mahasiswa Teologi di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksplanatori-konfirmatori. Subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi di Surabaya yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan populasi menggunakan “Disproposionate Stratified Random Sampling” yang artinya menggunakan studi terhadap seluruh populasi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner likert. Perhitungan kuisioner menggunakan program SPSS 19. Hasil penelitian ini adalah: (1) Hipotesis 1 Kecenderungan Pelaksanaan Pendidikan Kristen Berbasis Amsal 3 Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi di Surabaya pada Posisi Rendah Menengah. (2) Pengujian Hipotesis H2, diasumsikan bahwa dimensi yang dominan dalam menentukan penyelenggaraan pendidikan Kristen berbasis Amsal 3 pada mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi di Surabaya adalah dimensi kehidupan jujur. (3) Uji Hipotesis 3 Latar Belakang Kategori latar belakang yang dominan adalah Status Latar Belakang Asal Keluarga.


Keywords


Mahasiswa Teologi, Kejujuran, Keturunan Kristen, Students Of Theology, Honesty, Christian Descent,

Full Text:

PDF

References


Andar Ismail, (1999). Ajarlah Mereka Melakukan. Jakarta: BPK Gunung Mulia

Boehlke, Robert R. (1994). Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen: Dari Plato sampai IG. Loyola. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Dewi, Dwi Indarti, & Sukma, Setiya Aji. (2020). CINTA LINGKUNGAN SEBAGAI IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER RELIGIUS: SUATU PERSPEKTIF BERDASARKAN EFESUS 5:1-21 | Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, dan Pendidikan. (t.t.). Diambil 7 November 2020, dari https://e-journal.sttexcelsius.ac.id/index.php/excelsisdeo/article/view/25/39

GP, Harianto. (2012). Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab & Dunia Pendidikan Masa Kini. Jogjakarta: Andi.

Groome, Thomas H. (2012). Christian Religious Education. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Homrighausen, E.G. & I. H. Enklaar. (2013). Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Pazmino, Robert W. (2012). Fondasi Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Sairin, Weinata. (2003). Identitas dan Ciri Khas Pendidikan Kristen di Indonesia antara Konseptual dan Operasional. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Sasmoko. (1995). Metode Penelitian Pengukuran dan Analisis Data. Jakarta: STT Harvest.

Simanjuntak, Junihot. (2013). Filsafat Pendidikan dan Pendidikan Kristen. Yogyakarta: Andi.

Singarimbun, Masri. (1995). Metode dan Proses Penelitian. Jakarta: LP3ES

Wang, Suryowati. (2020). MANUSIA DAN DUNIA: KONSEP KRISTOLOGI DENGAN PERSPEKTIF REFORMED | Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, dan Pendidikan. (t.t.). Diambil 7 November 2020, dari https://e-journal.sttexcelsius.ac.id/index.php/excelsisdeo/article/view/31/41




DOI: https://doi.org/10.51730/jep.v1i1.6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Excelsior Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0  .

 e-ISSN: 2747-1675 (online)

Jurnal Excelsior Pendidikan telah tercatat di situs: