PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR TENTANG BUAH ROH SISWA KELAS VI SDK GLORIA I SURABAYA
Abstract
Hadirnya persoalan dalam pembelajaran adalah hal yang wajar. Tidak terkecuali dalam pembelajaran Pendidikan Agaman Kristen di SDK Gloria 1 Surabaya. Keragaman latar belakang budaya dan kompetensi siswa serta guru menjadi sumber persoalan yang mewarnai proses pembelajaran itu sendiri. Salah satu upaya yang dilakukan peneliti adalah melakukan perubahan metode dari konvensional menjadi model pembelajaran Multi Role playing. Model pembelajaran role playing merupakan salah satu permainan gerak yang didalamnya terdapat aturan, tujuan dan sekaligus melibatkan unsur bahagia. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui seberapa efektif penerapan metode role playing dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas VI tentang buah roh SD Kristen Gloria Surabaya. Metode yang digunakan adalah tindakan kelas. Hasil yang ditemukan adalah role playing adalah metode yang kuat dalam meningkatkan hasil pembelajaran karena memungkinkan partisipasi aktif, pengalaman langsung pendekatan yang tepat dan melalui proses yang berulang, proses pembelajaran dapat ditingkatkan secara signifikan. Dengan penerapan yang tepat, metode ini dapat menjadi sarana yang efektif untuk memfasilitasi pemahaman yang mendalam dan penguasaan materi oleh siswa. Dengan menggunakan metode role playing, terbukti siswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikan tema tentang Buah Roh selama pembelajaran di kelas; sekaligus berdampak pada peningkatan hasil belajar, khususnya bidang studi Pendidikan Agama KristenDownloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini juga menyetujui syarat-syarat berikut:
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .