PENGGUNAAN ALAT PERAGA: KEBERHASILAN BELAJAR ANAK USIA 3 – 6 TAHUN

Libertin Gea, Hari Budi Waluyo

Abstract


Abstract: The teacher understands each child specifically the learning style of children at an early age so that they can be more effective and have better relationships with students. The research approach is a case study, with the research subjects are six Kindergarten teachers at Gloria 1 Christian School Surabaya. The following research question: What is the role of using teaching aids as teaching aids for teachers in Gloria Christian school? How do teachers adjust the types of teaching aids in teaching children at Gloria Christian school? How are the children's learning outcomes using teaching aids at Gloria Christian School? The results of the study: (1) the use of teaching aids to assist teachers in teaching at Gloria Christian School is very beneficial for children and teachers who educate. (2) props in the form of real objects (pictures, videos, dolls, plants, animals), adapted to the theme to be taught at that time, props that attract children's attention and can stimulate children's cognition and psychomotor, must be kinesthetic (motion), visual (images, videos) and auditory (sound). (3) the learning outcomes of children at Gloria Christian School in using teaching aids can make it easier for children to understand the material, increase children's learning attractiveness, are able to retell, easy to remember and increase children's curiosity in learning.

Abstrak: Guru memahami setiap anak secara khusus gaya belajar anak-anak pada masa usia dini sehingga ia bisa lebih efektif dan mempunyai hubungan yang lebih baik dengan murid. Pendekatan penelitian adalah studi kasus, dengan subyek penelitian adalah enam guru-guru TK sekolah Kristen Gloria 1 Surabaya. Pertanyaan penelitian berikut:  Bagaimana peranan penggunaan alat peraga sebagai alat bantu mengajar guru di sekolah Kristen Gloria? Bagaimanakah guru menyesuaikan jenis alat peraga dalam mengajar anak di sekolah Kristen Gloria? Bagaimanakah hasil belajar anak dengan menggunakan alat peraga di sekolah Kristen Gloria? Hasil penelitian: (1) penggunaan alat peraga membantu guru dalam mengajar di Sekolah Kristen Gloria sangat bermanfaat bagi anak dan guru yang mendidik.  (2)  alat peraga yang berwujud benda nyata (gambar, video, boneka, tumbuhan, binatang), disesuaikan dengan tema yang akan diajarkan pada saat itu, alat peraga yang menarik perhatian anak dan bisa meransang kognitis serta psikomotorik anak, harus bersifat kinestetik (gerak), visual (gambar, video) dan auditory (suara).  (3) hasil belajar anak di Sekolah Kristen Gloria dalam menggunakan alat peraga mampu membuat anak semakin mudah memahami materi, meningkatnya daya tarik belajar anak, mampu menceritakan kembali, mudah mengingat dan meningkatkan rasa keingintahuan anak dalam belajar.


Keywords


Alat Peraga, Guru, Anak Usia 3-6,Props, Teachers, Children Aged 3-6,

Full Text:

PDF

References


Anni, C. T. (2004). Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES.

Benson, H. Clarence. (1935). Teknik Mengajar untuk Pelayanan Pendidikan Di Gereja. Malang: Gandum Mas.

Blattner, Doris (2000). Bagaimana Mengajar Anak Indria. Bandung: Lembaga Literatur Baptis.

Christi, Areyne. (2019). TANTANGAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KRISTEN UNTUK ANAK USIA DINI | Christi | Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, dan Pendidikan. (t.t.). Diambil 7 November 2020, dari https://e-journal.sttexcelsius.ac.id/index.php/excelsisdeo/article/view/9/4

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. 2002. Acuan Menu Pembelajaran pada Taman Penitipan Anak. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Ditjen PLSP. Depdiknas

Djamarah, S., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fitri, A., & Salistiyani. (2015). Pembelajaran Matematika dengan Alat Peraga Rotasi Trigonometri pada Materi Trigonometri. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY. https://docplayer.info/34885987-Pembelajaran-matematika-dengan-alat-peraga-rotasi-trigonometri-pada-materi-trigonometri.html

Gangel, O. Kennet. (2011). Membina Pemimpin Pendidikan Kristen. Malang: Gandum Mas.

GP, Harianto. (2013). Metodologi Kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya: STT Bethany.

GP, Harianto. (2012). Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab & Dunia Pendidikan Masa Kini. Jogjakarta: Andi.

Hasan, Maimunah. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: DIVA Press.

Hamalik. (2005). Penggunaan Alat Tulis dalam Proses Belajar. Malang: Persindo.

Homrighausen, E. G. & Enklaar, I. H. (1996). Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: Gunung Mulia.

Hurlock, B. Elisabeth. (1996). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Jakarta: Erlangga.

Ismail, Andang. (2006). Education Games (Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif). Yogyakarta: Pilar Media.

Karso, (2009). Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. (2011). Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Maghfiroh, Layla. (2010). Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Anak di TK Terpadu Tarbiyatul Athfal Jepara. Yogyakarta: UIN SUKA.

Moleong, J. Lexy. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

Mulyasa, E. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasutioni, Noch. (2006). Pendidikan IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nuhumara, Daniel. (2007). Pembimbing PAK. Bandung: IKAPI.

Pujiati. (2004). Penggunaan alat peraga dalam Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Sondopen, Dorce. (2019). Relasi antara Penginjilan dan Pemuridan untuk Pertumbuhan Gereja | Sondopen | Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, dan Pendidikan. (t.t.). Diambil 5 November 2020, dari https://e-journal.sttexcelsius.ac.id/index.php/excelsisdeo/article/view/18/16

Subagyo, B. Andreas. (2004). Pengantar Riset Kauntitatif dan Kualitatif, Bandung: Kalam Hidup.

Sujiono, Bambang., & Yuliani Nurani Sujiono. (2005). Menu Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Pendidikan Indonesia.

Sukayati, (2003). Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (Pelatihan Supervisi Pengajaran Untuk Sekolah Dasar, Tanggal 19 Juni-2 Juli 2003, Yogyakarta: PPPG Matematika.

Sumanto. (2006). Pembahasan Terpadu Statistika Dan Metodologi Riset 1. Yogyakarta: ANDI.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Tedjasaputra, M. S. (2007). Bermain, Mainan dan Permainan. Cetakan IV. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Winkel, W. S., & Hastuti, Sri. (2005). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: FKIP Universitas Sanata Dharma.

Yin, K. Robert. (1994). Case Study Research. New York: Sage Publications.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Excelsior Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0  .

 e-ISSN: 2747-1675 (online)

Jurnal Excelsior Pendidikan telah tercatat di situs: