PENGAJARAN PENGARUH TABERNAKEL TERHADAP KESETIAAN BERIBADAH ANAK SEKOLAH MINGGU

Muharoma Chomsatul Farida, Dorce Sondopen

Abstract


Abstract: Theoretical Basis: Tabernacle Teaching is a doctrine developed on the basis of biblical teachings. Research objectives: (1) What is meant by the teaching of the Tabernacle based on the Book of Exodus 25: 1-9? How is the effect of teaching (2) How is the application of Tabernacle teaching in the middle class Sunday school of the Pentecostal Church of Christ the Shepherd of the Tabernacle of Surabaya? (3) Tabernacle on the loyalty of children's worship in the middle class Sunday school of the Pentecostal Church of Christ the Shepherd of the Tabernacle in Surabaya? Methods: Quantitative Research Methods and empirical observation approach procedures (Observation). The results of the study: (1) the teaching of the Tabernacle is the human doctrine to find and receive eternal salvation from God through the only way, namely the Lord Jesus Christ. (2) The application of teachers to teach Sunday school children about faith in God, repentance, baptism, testimony, obedience, the fullness of the Holy Spirit, willingness to give, and providing a special place for God through teaching lectures with picture explanations. (3) Tabernacle Teaching Based on the Book of Exodus 25: 1-9 (X) does not have a significant effect on faithful worship.

 

Abstrak: Landasan Teori: Pengajaran Tabernakel adalah doktrin yang dikembangkan berdasarkan ajaran alkitabiah. Tujuan penelitian: (1)  Apakah yang dimaksud dengan pengajaran Tabernakel berdasarkan Kitab Keluaran 25:1-9? Bagaimanakah pengaruh pengajaran (2)Bagaimanakah penerapan pengajaran Tabernakel di sekolah minggu kelas madya Gereja Pantekosta Tabernakel Kristus Gembala Surabaya? (3)Tabernakel terhadap kesetiaan beribadah anak di sekolah minggu kelas madya Gereja Pantekosta Tabernakel  Kristus Gembala Surabaya? Metode: Metode Penelitian dengan Kuantitatif dan prosedur pendekatan pengamatan empiris (Observasi). Hasil penelitian: (1) pengajaran Tabernakel adalah doktrin manusia untuk menemukan dan menerima keselamatan kekal dari Allah melalui satu-satunya jalan yaitu Tuhan Yesus Kristus.  (2) Penerapan guru-guru mengajar kepada anak-anak Sekolah Minggu tentang iman kepada Allah, Pertobatan, Baptisan, Kesaksian, Ketaatan, Kepenuhan Roh Kudus, Kerelaan dalam memberi, dan Menyediakan tempat khusus bagi Tuhan melalui pembelajaran ceramah dengan penjelasan-penjelasan gambar. (3) Pengajaran Tabernakel Berdasarkan Kitab Keluaran 25:1-9 (X) tidak berpengaruh signifikan terhadap Kesetiaan beribadah. 


Keywords


Pengajaran Tabernakel, Kesetiaan Beribadah, Anak-Anak Sekolah Minggu, Tabernacle Teaching, Faithful Worship, Sunday School Children.

Full Text:

PDF

References


Ancok, Djamaludin. (2009). Validitas dan Realibilitas Instrument Penelitian dalam Metode Penelitian Survey. Jakarta: Pustaka LP3ES.

Arikunto, Suharsimi. (2006) Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: Rineka Cipta.

Babbie, Earl. (1995). The Practice of Social Research. California: Publishing Company.

Budiono, Paulus., & Teaching Team. (2013). Tabernakel: Allah dan Proyeksi-Nya. Surabaya: GKGA.

Budiono, Paulus. (2003). Kurikulum Sekolah Minggu KMI. Surabaya: GKGA.

Christoph, Bart., Merie, Claire., & Fromel, Bart. (2008). Teologi Perjanjian Lama 1. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Donald, C. Stamps. (2002). Alkitab Penuntun Hidup Berkelimpahan. Malang: Gandum Mas.

Douglas, J. D., dkk. (2005). Ensiklopedi Alkitab Masa Kini jilid 1. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF.

Douglas, J. D. (1982). Tafsiran Alkitab Masa Kini 3 Matius-Wahyu. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih.

Ed, Masri. Singarimbun. & Sofian, effendi. (1995). Metode Penyutingan Survai Jakarta: LP3ES.

EG. Homrighausen., & Enklaar, I. H. (2008). Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

France, R. T. (2007). Matthew. Surabaya: Momentum.

Gulo, Sadiria. (2017). Prinsip Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Bagi Keluarga Banua Niha Keriso Protestan (BNKP) Gunungn Sitoli. Jurnal Global Edukasi. 3(3). 452-456. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE

Guthtrie, Donald., dkk. (1994). The New Bible Comentarry. Michigan: Willian B. Eerdmana Publishing Company.

GP, Harianto. (2019). Mission in Suffering Context. Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi dan Oendidikan. 3(2). 73-94. http://e-journal.sttexcelsius.ac.id/index.php/excelsisdeo/article/view/17/15

Hakh, Benyamin. Samuel. (2008). Pemberitaan Tentang Yesus: Menurut Injil-injil Sinoptik. Jakarta: Jurnal Info Media.

Hartono, Handreas. (2014). Membentuk Karakter Kristen pada anak Keluarga Kristen. Kurios. 2(1). 62-69. http://www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios

Harun, Martin. (2015). Markus: Injil yang Belum Selesai. Yogyakarta: Kanisius.

Ida, Bagoes. Mantra., & Kusto. (1995) “Penentuan Sampel” dalam Metode Penelitian Survey (Masri Singarimbun dan Sofis Effendi (eds). Jakarta: LP3ES.

Irawati. (2004). Wawancara tentang Sekolah Minggu, dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2015, di Gereja Pantekosta Tabernakel Kristus Gembala Surabaya.

John, W. Santrock. (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta: Erlangga.

Jusuf, BS. (2004). Kemah Suci Jilid I. Surabaya: GBT Bukit Zaitun.

Kartono, Kartini. (1992). Peran Keluarga Memandu Anak. Jakarta: Rajawali Press.

Kasih, Ratna. (2015) wawancara tentang Sekolah Minggu, dilaksanakan pada tanggal 28 Juli, di Gereja Pantekosta Tabernakel Kristus Gembala Surabaya.

Kristian, A. B. (2019). Makna Iman dalam Perjanjian Baru. Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, dan Pendidikan, 3(2), 27–33.

Longman, Tremper. (1994) Bagaimana Menganalisa Kitab Keluaran. Malang: Literatur SAAT.

Moeleong, J. Lexy. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Owens, Joseph. John. (1976). Analytical Key to the Old Testament vol.1. Grand Rappid: Baker Book.

Pfeiffer, F. Charles. (2004). Tafsiran Alkitab Wyclitte. Malang: Gandum Mas.

Poerwadarminta, W.J.S. (1985). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Prime, Derek. (1967). Tanya Jawab Tentang Iman Kristen. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bia KAsih/ OMF,.

Priyatno, Duwi. (2010.) Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Rad, von. Gerhard. (1975). Old Testament Theology Volume I. London: SCM Press.

Robert, M. Paterson. (2002). Tafsiran Kitab Keluaran. Jakarta : BPK Gunung Mulia.

Sasmoko. (2006). Metode Penelitian. Jakarta: ITKI.

Senduk, H. L. (2008). Pengetahuan Alkitab 2. Bogor: Yayasan Bethel.

Setiawan, Ebta. (2015). Kamus Besar Bahasa Indonesia Online (2012-2015), diakses tanggal 10 Juli 2015. http://kbbi.web.id/di

Soetanto, Inge. (2015). Wawancara tentang Sekolah Minggu, dilaksanakan pada tanggal 26 Juli di Gereja Pantekosta Tabernakel Kristus Gembala Surabaya.

Stanton, L. & Brenna, B. Jones. (2004). How and When to Tell Your Kids About Sex Surabaya: Momentum.

Subagio, B. Andreas. (2004). Pengatar Riset Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Kalam Hidup.

Sugiono. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. (1984). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Bina Aksara.

Sumanto. (2002). Pembahasan Terpadu Sistematika & Metodologi Riset Yogyakarta: Andi.

Sunyoto, Danang. (2009). Analis Regresi Dan Uji Hipotesis. Yogyakarta: Medpress.

Walf, Robert. (1998). Pengenalan Pentateukh. Malang: Gandum Mas.

Widodo. (2004). Proposal Penelitian. Jakarta: Magna Scrip.

Wijanarko, Djarot. (2013). Mendidik Anak dengan Hati. Jakarta: PT. Happy Holly Kids.

Wikipedia. (2015). https://id.wikipedia.org/wiki/Kemah_Suci#cite_note-1

Winarno, Surakhmad. (1994). Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar Metode Teknik. Bandung: Tarsito.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Excelsior Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0  .

 e-ISSN: 2747-1675 (online)

Jurnal Excelsior Pendidikan telah tercatat di situs: